Teknik, Cara Dan Langkah Gampang Menciptakan Bonsai Kelapa

Teknik, Cara dan Langkah Mudah Membuat Bonsai Kelapa – Tanaman bonsai memang senantiasa mempunyai daya tarik tersendiri, selain bonsai serut dan bonsai beringin, salah satu jenis bonsai yang populer di Indonesia lainnya ialah bonsai kelapa. Bonsai merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang banyak diminati oleh banyak orang. Bukan karena tumbuhan bonsai mempunyai bntuk dan unik, disamping itu karena tanaman bonsai juga dapat menjadi potensi bisnis yang anggun.


Tanaman bonsai kelapa banyak digemari alasannya adalah harganya yang tidak terlampau mahal, selain itu jenis bonsai ini gampang berkembang diberbagai lingkungan. Karena itulah bonsai kelapa menjadi salah satu jenis flora bonsai yang populer di Indonesia. Harga jenis flora bonsai berkisar 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan bentuk bonsai.


Namun buat anda yang ingin menciptakan tanaman bonsai kelapa sendiri, kali ini fauna dan tumbuhan akan memperlihatkan tutorial buat anda ihwal cara bagaimana membuat bonsai kelapa. Tahapan yang dikerjakan untuk menciptakan tumbuhan bonsai kelapa nyaris sama dengan menciptakan jenis bonsai beringin, tetapi cara dan perawatan yang diberikan berbeda. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.


 bonsai kelapa


Langkah pertama


Langkah awal yang anda lakukan adalah pemilihan bibit. Pilih bibit yang betul-betul tua. Bibit yang bagus untuk dijadikan tanaman bonsai yaitu jenis kelapa tua yang eksklusif dipetik dari pohonnya. Karena kelapa yang tua akan tumbuh tunas lebih cepat, dan jika memakai kelapa yang jatuh dari pohon hasilnya kurang menarik karena kentos kelapa akan gampang ringkih. Pilihlah ukuran kelapa yang berukuran sedang, alasannya adalah dapat mempengaruhi ukuran bonsai yang akan ditanam.


Terdapat beberapa macam kelapa yang dapat dijadikan bonsai, antara lain kelapa merah, kelapa albino dan kelapa susu.


Ciri khas dari kelapa gading merah adalah warnanya yang merah kekuning-kuningan. Ketika telah dibonsai kelapa jenis ini akan menjadi sungguh cantik dan menarik. Namun perawatan kelapa jenis ini tergolong menyibukkan. Untuk menjaga warna merahnya yang cantik, anda perlu memakai banyak pupuk. Jika kekurangan zat-zat yang disediakan pupuk, kambium tanaman ini akan menyusut dan warnanya akan menjelma hijau.


Kelapa albino, dari namanya sudah terperinci bahwa warna kelapa ini adalah putih. Warna putihnya tidak pucat polos, tetapi lebih jelas mendekati warna silver.


Kelapa gading susu lazimnya berwarna putih dan banyak tumbuh di kawasan subtropis. Kelapa jenis ini banyak dipakai untuk pengganti pohon palem untuk diletakkan di taman.


Setelah anda mengetahui jenis-jenis kelapa yan g mampu dijadikan bonsai, maka anda mampu menentukan jenis kelapa manakah yang sesuai dengan seler anda untuk dijadikan bonsai. Lalu langkah berikutnya ialah menaruh bibit kelapa pada tanah yang lembab biarkan beberapa waktu hinga bibit kelapa bertunas.


Langkah kedua


tunas kelapa


Kelapa yang diletkakan pada tanah lembab dan mengandung banyak air akan timbul tunas kira-kira sekitar 2-3 minggu . Pusat pertumbuhan dari kelapa adalah ada pada batoknya. Untuk itu penentuan dan peletakkan posisi batok kelapa menjadi hal yang penting untuk membentuk pola bonsai yang diinginkan. Bila anda mengharapkan bonsai kelapa yang batoknnya dikelilingi oleh banyak akar maka buah kelapa diletakka pada tanah dengan posisi bangun (vertical) dan letakkan secara horizontal jika menghendaki bentuk bonsai kelapa mirip keong.


Langkah ketiga


tunas bonsai kelapa


Setelah tunas muncul, langkah selanjutnya yang dikerjakan yaitu mengupas sabut kelapa. Lakukan dengan sungguh hati hati biar tunas tidak rusak. Gunakan cutter tajam untuk embersihakan serabut-serabutnya.Siapkan pisau untuk memangkas miring 1/3 bagian belakang batok kelapa. Lalu buat sayatan dengan membujur dari tunas kebelakan hingga menyentuh batok.


Langkah keempat


Langkah selanjunya yakni penanaman, sebelum anda melaksanakan penanaman ada bainya anda merencanakan terlebih dulu media yang hendak dipakai sperti pasir, tanah dan pupuk sangkar dengan perbandinagan 2:1:1. Lalu potong bab kepala botol plastik beas air mineral dengan tinggi sekitar 5cm. Hal tersebut mampu memicu kemajuan tunas gres lebih cepat. Setelah persiapan tamat, letakkan tunas kelapa dengan posisi horizontal dan akar tertutup oeh tanah, kerjakan dengan hati-hati semoga akar tidak terputus.


Langkah kelima


Untuk menjaga bentuk bonsai tetap mini, kau harus melakukan penyayatan pada tunas yang lebih renta. Jika bibit sudah berkembang sampai 15 sampai 20 cm, berikan sayatan pada tunas yang paling bawah. Untuk menyingkir dari pembusukan, jangan sampai tunas yang masih muda juga terkena sayatan. Lakukan penyayatan ini sehari sekurang-kurangnya3 kali.


Langkah keenam


Tahapan selanjutnya yang mampu anda lakukan adalah anda cukup menyirami flora bonsai satu kali sehari, kerjakan setiap sore atau malam hari Sebaiknya gunakan adonan larutan garam atau vetsin dalam air untuk menyiraminya.


Cara menciptakan bonsai kelapa memang memerluakan banyak kreatifitas dan ketelatenan. Menarik atau tidaknya flora bnsai tergantung dari seberpa besar perawatan dan kreativitas yang beliau berikan dalam merawat flora tersebut. Selamat menjajal .. Semoga info yang diberikan bermanfaat 🙂


Artikel Terkait :



0 Response to "Teknik, Cara Dan Langkah Gampang Menciptakan Bonsai Kelapa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel