Mengenal Rafflesia Arnoldii Bunga Langka Indonesia, Sejarah Dan Cirinya

Mengenal Rafflesia ArnoldiiPadma Raksasa atau Rafflesia Arnoldii Salah satu bunga langka di Indonesia, yang populasinya makin sedikit dan kian sukar untuk kita jumpai karena habitatnya yang semakin menyempit. Bunga Rafflesia arnoldii berdasarkan keputusan Persiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 1993 ditetapkan selaku bunga langka nasional yang berdampingan dengan Bunga melati yang ditetapkan sebagai puspa bangsa dan Bunga anggrek bulan selaku puspa daya tarik Indonesia.


Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan tanaman benalu obligat yang terkenal alasannya adalah memiliki bunga berukuran sungguh besar, bahkan bunga rafflesia arnoldii merupakan bunga paling besar yang ada di dunia. Selain alasannya adalah bunganya yang berskala besar, bunga ini juga dikenal karena mempunyai aroma yang berbau amis. Bunga ini tumbuh di jaringan merambat (liana) Testrastigma dan tidak mempunyai daun sehingga tidak mampu berfotosintetis.


rafflesia arnoldii open flower


Bunga ini diberi nama Rafflesia arnoldii tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan hujan tropis Bengkulu (Sumatera) di bersahabat sungan Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemandu yang berjulukan Dr.Joseph Arnold yang saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.


Jadi penamaan Rafflesia Arnoldii didasarkan dari adonan nama Thomas Stamford Raffles selaku pemimpin ekspedisi dan Dr.Joseph Arnold selaku penemu bunga.


Bunga Rafflesia Arnoldii ialah tanaman endemik di Pulau Sumatera, utamanya dibagian sleatan mirip Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Beberapa lokasi yang sering dijumpai berkembang bunga Rafflesia Arnoldi antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat (kabupaten Bengkulu Utara), dan Padang Guci Kabupaten Kaur. TNBBS sendiri sudah ditetapkan selaku pusat konservasi tumbuhan ini.


Berdasarkan forum konservasi Internasional tidak memasukkannya selaku salah satu tanaman langka yang terancam punah. Pun IUCN Redlist tidak memasukkan bunga Rafflesia Arnoldi dalam status terancam. Bahkan dari sekitar 30-jenis Rafflesia di seluruh dunia, cuma satu spesies saja yang dianggap terancam punah yaitu Rafflesia magnifica yang berkembang di Filipina.


Meskipun demikian, laju deforestasi, kebakaran hutan, serta makin ciutnya luas hutan Sumatera menjadi bahaya serius bagi kelestarian bunga raksasa ini. Apalagi ditambah dengan perilaku kurang bertanggung jawab dari sebagian masyarakat yang merusak dan mengambil bunga ini.


rafflesia arnoldii ciri ciri


Bunga Rafflesia Arnoldii memang tumbuhan yang langka dan sungguh sulit didapatkan serta endemik. Keberadaan bunga ini yang seakan bersembunyi selama berbulan-bulan di dalam badan inangnya sampai hasilnya tumbuh bungga yang cuma mekar selama sepekan. Karena hal tersebutlah bunga Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai bunga langka Indonesia.


Bunga merupakan benalu tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tumbuhan inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut selaku “flora” yakni jaringan yang tumbuh di tanaman merambat Tetrastigma. Bunga memiliki lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat mirip ekspresi gentong. Di dasar bunga terdapat bab seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang kesengsem dengan wangi busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu ahad (5-7 hari) dan sesudah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sungguh kecil, sebab bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersama-sama dalam satu minggu, itu pun jikalau ada lalat yang datang membuahi.


Klasifikasi Ilmiah


Kerjaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsoda

Ordo : Rafflesiales

Famili : Rafflesiaceae

Genus : Rafflesia

Spesies : R. Arnoldii

Nama Binomial : Rafflesia Arnoldii


Demikian gosip yang diberikan seputar Bunga Rafflesia Arnoldii yang dijadikan selaku Bunga Langka Indonesia,  Semoga berfaedah.



0 Response to "Mengenal Rafflesia Arnoldii Bunga Langka Indonesia, Sejarah Dan Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel