Anggrek Bulan Bunga Puspa Pesona Nasional Yang Menarik

Anggrek bulan yang memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis ialah salah satu bunga nasional Indonesia yang pertama kali ditemukan oleh mahir Botani dari Belanda, Dr. C. L Blume yang merupakan salah satu anggota genus Phalaenopsis. Genus Phalaenopsis sendiri terdiri atas 60 spesies dengan sekitar 140 varietas, dan 60 varietas diantaranya dapat ditemukan di Indonesia


anggrek bulan cantik


Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 1993 memutuskan bahwa Bunga Anggrek bulan ditetapkan selaku bunga puspa bangsa mengdampingi bunga melati yang ditetapkan menjadi bunga puspa bangsa Indonesia dan Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii) yang ditetapkan sebagai puspa langka Indonesia. Di Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali didapatkan di Maluku. Anggrek bulan mempunyai beberapa nama kawasan mirip anggrek wulan (Jawa dan Bali), anggrek melayang (Maluku), dan anggrek menur (Jawa).


Anggrek Bulan tergolong dalam flora anggrek monopodial, Anggrek ini cuma memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya berkembang dari ujung batang. Anggrek ini mampu diperbanyak dengan stek batang dan biji, Anggrek bulan menggemari sedikit cahaya matahari sebagai pendukung hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berupa lingkaran memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta mampu tumbuh sampai diameter 10 cm lebih.


Tanaman jenis ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua sampai sampai ke Australia. Anggrek bulan memiliki cara hidup yang tumbuh secara epifit adalah berkembang menumpang pada pohon lain tanpa merugikan flora inangnya dan memerlukan naungan dari cahaya matahari. Akar anggrek menyerap masakan dari air hujan, kabut dan udara sekitarnya.


anggrek bulan


Anggrek bulan ialah jenis anggrek yang mempunyai ciri khas kelopak yang lebar dan berwara putih. Namun saat ini telah banyak anggrek bulan persilangan yang memiliki corak dan warna yang bermacam-macam jenisnya. Banyak penghobi anggrek yang membudidayakan jenis anggrek ini, dan banyak juga yang melakukan persilangan sehingga dikala ini muncul varietas-varietas gres dari anggrek bulan bibit unggul, tetapi kelestarian puspa daya tarik ini di alam liar tetap semakin terdesak, hal itu disebabkan akhir deforestasi hutan baik penebangan liar maupun kebakaran hutan.


Klasifikasi Ilmiah


Kerajaan : Plantae

Ordo : Asparagales

Familia : Orchidaceae

Sub suku : Epidendroidea

Genus : Phalaenopsis

Spesies : Phalaenopsis Amabilis


Demikian informasi yang diberikan seputar tanaman Anggrek Bulan, supaya gosip yang diberikan berguna 🙂 🙂





0 Response to "Anggrek Bulan Bunga Puspa Pesona Nasional Yang Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel