Ciri-Ciri Komodo Dan Pengetahuannya Selaku Satwa Nasional

Ciri-Ciri Komodo dan Pengetahuannya – Komodo atau sering disebut dengan biawak komodo dalam bahasa latin disebut dengan (Varanus Komodoensis) merupakan spesies kadal terbesar yang hidup endemik di Indonesia khususnya di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Pada penduduk asli pulau komodo hewan biawak jenis ini sering disebut dengan nama ORA.


Komodo tergolong dalam anggota famili biawak Varanidae dan klad Toxicofera. Komodo merupakan kadal terbesar yang ada di dunia, dengan rata-rata memiliki panjang 2-3 meter. Habitat komodo di alam bebas sudah menyusut balasan aktivitas insan dan kesannya IUCN memasukkan komodo selaku spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, ialah Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.


komodo langka


Menurut keputusan Presiden Republik Indonesia nomon 4 tahun 1993 perihal satwa dan bunga nasional, Komodo ditetapkan selaku satwa nasional yang dibutuhkan dapat berfungsi sebagai identitas nasional yang bisa menumbuhakan semangat nasionalisme dan pujian nasional bagi setiap warga Indonesia di pergaulan Internasional. Biawak komodo ialah satwa darat yang telah sangat populer diIndonesia bahkan di mancanegara. Satu hal yang cukup membanggakan bahwa secara alami satwa ini hanya hidup di Indonesia, sehingga sering kali biawak komodo diidentikkan dengan Indonesia.


Klasifikasi Komodo


Filum : Chordata

Anak filum : Vertebrata

Kelas : Reptilia

Bangsa : Squamata

Abak bangsa : Sauria

Suku : Varanidae

Marga : Varanus

Jenis : Varanus komodoensis


Ciri-Ciri Komodo



  • Komodo memiliki ukuran tubuh besar, ukuran akil balig cukup akal memuliki ukuran badan 2-3meter

  • Komodo mempunyai ekor yang serupa panjang dengan tubuhnya

  • Komodo memiliki sekitar 60 buah gigi bergerigi tajam sengan panjang sekitar 2,5 cm yang kerap ganti

  • Air liur komodo acap kali bercampur dengan dengan darag sebab giginya nyaris seluruhnya dilapisi dengan jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan.

  • Komodo memiliki pengecap panjang berwarna kuning dan bercabang

  • Komodo jantan mempunyai ukuran lebih besar dari komodo betina

  • Komodo jantang memiliki warrna kulit debu-debu gelap hingga merah kerikil bata.

  • komodo betina mempunyai warna hijau buah zaitun dan memiliki penggalan kecil kuning pada tenggorokannya.

  • Pada komodo muda mempunyai warna yang lebih berwarna sperti warna kuning, hijau dan putih .


Habitat komodo di alam liar hanya mampu kita jumpai di lima pulau di Indonesia, ialah Kepulauan Komodo, Rinca, Gili Montang dan Gili Dasami. Dari smeua pulau tersebut berada dalam Taman Nasional Komodo di pulau Komodo, di mana komodo mampu menjelajah bebas pada pulau pulau tersebut. Habibat komodo mampu hidup di hutan tropis kering, sabana hingga sebuah hutan isu terkini gugur. Komodo menyukai daerah yang mempunyai suhu panas yang ekstrim. Komodo bisa tinggal disekitar suhu 95 derajat Fahrenheit (35 derajat Celcius) dengan 70% kelembabab di pulau Indonesia.


Komodo merupakan binatang karnovivora yang bermakna mereka pemakan daging. Mereka merupakan pemburu yang handal dan mampu memangsa buruan yang sangat besar, seperti kerbau, sapi, rusa, bahkan insan. Mereka bisa memangsa sekitar 80% dari berat badan mereka dalam satu kali makan.


Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam, Daftar Merah Spesies yang Terancam, komodo tidak terancam, tetapi dianggap rentan. The World Foundation Animal memperkirakan jumlah Komodo di alam liar sekitar 6.000. Populasi ini dibagi antara pulau-pulau, antara lain 1.700 di pulau Komodo, 1.300 di pulau Rinca, 100 di Gili Motang dan sekitar 2.000 di Flores. Mereka dilindungi dalam Taman Nasional Komodo.


Demikian isu yang diberikan perihal Komodo sebagai Satwa Nasional Indonesia. Semoga berguna.



0 Response to "Ciri-Ciri Komodo Dan Pengetahuannya Selaku Satwa Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel